السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
THE Tiger Of Dragon

Minggu, 09 Desember 2012

SKRIPSI KEHUTANAN TERBARU


STUDI ETNOBOTANI PADA MASYARAKAT TRADISIONAL SUKU REJANG DESA EMBONG IJUK KECAMATAN BERMANI ILIR KABUPATEN KEPAHIANG  PROVINSI BENGKULU















SKRIPSI



Oleh :


Oki Mantra
NPM. E1B007035




JURUSAN KEHUTANAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS BENGKULU
2012






STUDI ETNOBOTANI PADA MASYARAKAT TRADISIONAL SUKU REJANG DESA EMBONG IJUK KECAMATAN BERMANI ILIR KABUPATEN KEPAHIANG  PROVINSI BENGKULU


SKRIPSI
Sebagai salah satu syarat untuk memperoleh derajat
Sarjana Kehutanan pada Fakultas Pertanian
Universitas Bengkulu



Oleh

Oki Mantra
NPM. E1B007035


Pembimbing

Dr. Ir. Wiryono, M.Sc
Erniwati, S.Hut, M.Sc




Bengkulu
2012




STUDI ETNOBOTANI PADA MASYARAKAT TRADISIONAL SUKU REJANG DESA EMBONG IJUK KECAMATAN BERMANI ILIR KABUPATEN KEPAHIANG  PROVINSI BENGKULU


Oleh :


Oki Mantra
NPM. E1B007035

Telah diperiksa dan disetujui untuk diuji pada tanggal :
25 Oktober 2012
Pembimbing Utama


Dr. Ir. Wiryono, M.Sc
NIP. 19600702 198603 1 001

            Pembimbing Pendamping



            Erniwati, S.Hut, M.Sc
            NIP. 19740902 200012 2 001


Mengetahui,
Fakultas Pertanian
Dekan



                                                    Prof. Dr. Ir. Dwinardi Apriyanto, M.Sc
                                                    NIP. 19580421 198403 1 002













STUDI ETNOBOTANI PADA MASYARAKAT TRADISIONAL SUKU REJANG DESA EMBONG IJUK KECAMATAN BERMANI ILIR KABUPATEN KEPAHIANG  PROVINSI BENGKULU


Oleh :


Oki Mantra
NPM. E1B007035

Telah diperiksa dan disetujui untuk diuji pada tanggal :
25 Oktober 2012
Sekretaris


Dr. Ir. Wiryono, M.Sc
NIP. 196007021986031001

            Anggota



            Erniwati, S.Hut, M.Sc
            NIP. 197409022000122001
Ketua



Dr.Ir. Agus Susatya, M. Sc
NIP. 196108161987031002
            Anggota



            Dr. Yansen, S.Hut, M.Sc
            NIP. 197701132002121002


Mengetahui,
Fakultas Pertanian
Dekan



                                                    Prof. Dr. Ir. Dwinardi Apriyanto, M.Sc
                                                    NIP. 195804211984031002











PERNYATAAN

Saya menyatakan bahwa skripsi yang berjudul “Studi Etnobotani Pada Masyarakat Tradisional Suku Rejang Desa Embong Ijuk Kecamatan Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang  Provinsi Bengkulu” ini merupakan karya saya sendiri (ASLI). Dan dalam skripsi ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan oleh orang lain untuk memperoleh gelar akademis di suatu institusi pendidikan, dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis dan/atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu dalan naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka.




                                                                                    Bengkulu,  25 Oktober 2012



Oki Mantra
NPM. E1B007035

           

























RINGKASAN


STUDI ETNOBOTANI PADA MASYARAKAT TRADISIONAL SUKU REJANG DESA EMBONG IJUK KECAMATAN BERMANI ILIR KABUPATEN KEPAHIANG  PROVINSI BENGKULU. (Oki Mantra, dibawah bimbingan Bapak Wiryono  dan Ibu Erniwati.  2012)

Indonesia merupakan salah satu negara megabiodiversity terbesar di dunia yang kaya akan sumber daya hayati. Ini menyebabkan Indonesia menduduki urutan kedua setelah Brazil yang cukup dikenal sebagai surganya keanekaragaman hayati dunia. Hutan tropis yang sangat luas beserta keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya merupakan sumber daya alam yang tak ternilai harganya. Indonesia juga dikenal sebagai gudangnya tumbuhan obat sehingga mendapat julukan laboratorium alam.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui keanekaragaman jenis-jenis pohon dan manfaatnya di Desa Embong Ijuk dan untuk mengetahui apakah generasi muda di Desa Embong Ijuk mewarisi pengetahuan tentang jenis-jenis pohon dan manfaatnya.
Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan metode stratified random sampling. Banyaknya sampel yang diambil 10% . Berhubung Desa Embong Ijuk terbagi atas 5 dusun, maka sampel yang di ambil harus mewakili dari setiap dusunnya. Dalam penelitian ini kriteria pohon yang diambil sebagai acuan yaitu yang memiliki Diameter minimal 10 cm dan tinggi minimal 3 meter dan sampel (responden) yang diambil berdasarkan kelas umur. Kemudian disetiap umur dipilih sampel secara acak.
Semua data yang diperoleh dari lapangan berdasarkan hasil kuisioner, dianalisa secara deskriptif dan analisa kuantitatif.  Analisa deskriptif adalah uraian secara verbal terhadap data-data hasil penelitian yang ditujukan untuk penjelasan agar mudah dipahami, dimana data kualitatif  ini berbentuk tabel, kata, kalimat atau gambaran. Analisis korelasi dilakukan untuk melihat korelasi antara umur dan tingkat pengetahuan  (jumlah jenis tumbuhan yang diketahui, jumlah macam pemanfaatan yang diketahui). Untuk mengetahui hubungan antara dua variabel digunakan  analisis regresi.
Hasil penelitian menunjukkan  Penduduk suku Rejang di Desa Embong Ijuk mengenal dan memanfaatkan jenis-jenis tumbuhan sebanyak 68 jenis pohon berdasarkan para tokoh masyarakat/narasumber/dukun. Dan 40 jenis pohon dari 21 famili dalam perolehan data yang dikategorikan pemanfaaatan berdasarkan jumlah responden yang menjawab dengan benar yaitu kategori jenis tumbuhan yang dipakai sebagai makanan yaitu 21 jenis, Kayu pertukangan 15 jenis, Kayu bakar 10 jenis, Kerajinan 5 jenis, dan untuk obat-obatan 20 jenis yang berasal dari hutan, kebun dan pekarangan.
Karena perbedaan etnografi dan fisiografi berperan nyata dalam pemanfaatan tumbuhan berdasarkan kategori tersebut maka disarankan untuk melakukan penelitian yang sama di kelompok etnis Rejang yang mendiami zona ekologis lainnya di Kabupaten Kepahiang.
(Program Studi Budidaya Hutan, Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu).



KATA PENGANTAR

            Alhamdulillah, puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT, karena penulis diberi kekuatan untuk menyelesaikan skripsi ini. Shalawat dan salam penulis haturkan kepada Nabi Muhammad SAW.
Dalam pelaksanaan penelitian hingga penulisan skripsi ini begitu banyak bantuan dan dukungan semua pihak. Untuk itu penulis mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Wiryono, Ph.D selaku dosen pembimbing utama dan Ibu Erniwati, S.Hut, M.Sc selaku dosen pembimbing pendamping, yang telah banyak meluangkan waktu dan pemikirannya untuk memberikan bimbingan, arahan, motivasi dan koreksi selama pelaksanaan penelitian hingga penulisan skripsi ini. Bapak dan Ibu dosen yang telah banyak menanamkan ilmu pengetahuan dan pengalamannya, staf karyawan Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu.
Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan, namun demikian penulis berharap semoga dalam kesederhanaan tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Bengkulu, 25 Oktober 2012


Oki Mantra











VI. GAMBARAN UMUM LOKASI PENELITIAN


4.1 Letak dan Keadaan Wilayah
  Desa Embong Ijuk termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu. Desa Embong Ijuk memiliki luas wilayah 357,75 Ha dengan jumlah 571 KK dan memiliki jumlah penduduk 2413 jiwa dan memiliki 5 dusun. Secara administratif batas wilayah Desa Embong Ijuk selengkapnya disajikan pada tabel 2.
Tabel 2. Batas Wilayah Desa Embong Ijuk
Letak Batas
Batas Wilayah Desa
Sebelah Utara
Desa Gunung Agung
Sebelah Selatan
Desa Talang Pito
Sebelah Barat
Desa Kota Agung
Sebelah Timur
Desa Keban Agung
Sumber : Monografi Desa Tahun 2011
Desa Embong ijuk berjarak ke Kecamatan 1 Km, 21 Km dari Kota Kabupaten Kepahiang dan ± 81 Km dari  Ibu  Kota  Propinsi Bengkulu.

4.2  Luas Wilayah Desa Menurut Penggunaannya.
            Luas wilayah Desa Embong Ijuk secara keseluruhan adalah 357,75  Ha dengan keadaan topografi relative datar (Dataran) untuk mengetahui luas wilayah menurut penggunaannya disajikan pada Tabel 3.
Tabel 3. Tata Guna Lahan Desa Embong Ijuk
No.
Penggunaan
Luas (Ha)
Persentase (%)
1.
Pemukiman
234,21
65,46
2.
Bangunan

-

a.       Perkantoran
2
0,56

b.      Sekolah
2
0,56

c.       Pertokoan
-
-

d.      Pasar
-
-

e.       Terminal
-
-

f.       Tempat Ibadah (1 Masjid)
g.      Kuburan (TPU)
h.      Jalan
i.        Lain-lain
2,1
1
-
-
0,59
0,28
-
-
3.
Persawahan (sawah tadah hujan)
13,5
3,77
4.
5.
6.
Ladang/perkebunan rakyat
Pertanian
Perikanan
87,94
12,5
2,5
24,58
3,49
0,70


357,75
100
Sumber : Monografi Desa Tahun 2011

4.3  Keadaan Penduduk
            Jumlah penduduk Desa Embong Ijuk 571 KK dengan 2413 Jiwa, dengan komposisi 1117 jiwa laki-laki dan 654 jiwa perempuan. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada Tabel 4 di bawah ini.

Tabel 4. Jumlah Penduduk Desa Embong Ijuk Menurut Usia
Usia (Tahun)
Laki-laki (Jiwa)
Perempuan (Jiwa)
Jumlah (Jiwa)
0 - 6
118
121
239
7 - 12
158
182
340
13- 18
167
207
374
19 - 24
155
212
367
25 - 55
325
324
649
56 - 79
168
201
369
>80
26
47
75
Jumlah
1117
1294
2413
Sumber : Monografi Desa Tahun 2011


4.4  Pekerjaan Penduduk
            Berdasarkan karakteristik pekerjaan penduduk di Desa Embong Ijuk dapat dilihat pada Tabel 5 sebagai berikut:
Tabel 5. Rincian Pekerjaan Penduduk Desa Embong Ijuk
Pekerjaan Penduduk
Jumlah penduduk (Jiwa))
Pegawai Negeri Sipil (PNS)
15
Petani
800
Pedagang
16
Tukang dan mesin padi
7
Buruh Harian
197
Jasa Angkutan
10
Total
1045
Sumber : Monografi Desa Tahun 2011

4.5  Pendidikan Penduduk
Masyarakat Desa Embong Ijuk rata-rata tingkat pendidikannya tamatan SD. Pendidikan penduduk dapat dilihat pada Tabel 6 sebagai berikut:
Tabel 6. Keadaan Penduduk Desa Embong Ijuk Berdasarkan Pendidikan
Pendidikan
Jumlah (Jiwa)
-          Buta Aksara
2044
-          Taman Kanak-kanak (TK)
17
-          Tamat SD
   205
-          Tamat SLTP
96
-          Tamat SLTA
27
-          Tamat Akademi/Tamat Perguruan Tinggi
10
14
Jumlah
2413
Sumber : Monografi Desa Tahun 2011






4.6  Iklim
            Keadaan iklim di Desa Embong Ijuk dapat dilihat pada Tabel 7 sebagai berikut:
Tabel 7. Iklim Desa Embong Ijuk
Keadaan Iklim
Rata-rata
1.      Suhu/ Temperatur
23, 6 oC
2.      Kelembaban Udara
86,5
3.      Curah Hujan
18 mm
4.      Intensitas cahaya
Max = 29,3 & Min = 20,3
Sumber : BMKG Tahun 2012









cra meningkatkan Kharisma dan wibawa

Meningkatkan Kharisma Diri
Apakah itu kharisma? Apakah seseorang harus terlahir dengannya, atau kita bisa belajar mendapatkannya? Darimana kita tahu apakah kita memiliki kharisma? Apa saja yang bisa membuat seseorang terlihat berkharisma? Hari ini Anda akan mendapatkan jawaban memuaskan dari pertanyaan di atas, sekaligus personal inner game secrets saya untuk meningkatkan kharisma Anda untuk keperluan sosial, bisnis, dan percintaan!
Ahli sosiologi berkebangsaan Jerman, Max Weber, adalah orang pertama yang secara serius mempelajari tentang karisma. Beliau menyatakan kharisma adalah, “… a certain quality of an individual personality, by virtue of which one is ‘set apart’ from ordinary people and treated as endowed with supernatural, superhuman, or at least specifically exceptional powers or qualities,” dan menurut Pierre BourMannas, sosiolog Perancis, hal tersebut hanya berada di alam persepsi orang yang melihatnya. Dengan kata lain, Anda tidak bisa merasakan sendiri bahwa Anda berkharisma atau tidak; itu hanya bisa dideteksi dan dirasakan oleh orang lain.
Kata kharisma berakar dari bahasa Yunani, ‘charis’, yang berarti karunia atau bakat; menurut mitologinya, para dewa mengaruniakan kekuatan spesial pada orang-orang tertentu sehingga mereka bisa tampil lebih menawan. Sementara dalam studi psikologi sosial modern, kharisma adalah pengaruh yang dimiliki seseorang terhadap orang lainnya atau kelompok. Jadi jika Anda ingin meningkatkan kharisma, berarti Anda perlu memahami beberapa atribut ‘kekuatan spesial’ terkandung di dalam kharisma yang memungkinkan Anda mempengaruhi orang lain. Berikut adalah beberapa rahasia pribadi saya:
Banjir Kepercayaan Diri. Seseorang yang karismatik biasanya memiliki tingkat narsisme sangat tinggi yang dapat menarik perhatian seluruh orang. Ia seolah-olah menyerap energi orang dan ruangan, lalu memancarkannya kembali berlipat kali ganda kepada siapa saja yang memperhatikannya. Perhatikan bahwa ini bukan kepercayaan diri dalam pikiran saja, melainkan kepercayaan diri secara fisik yang meluap keluar dari setiap gerak tubuh Anda. Kepercayaan diri seperti ini, sekalipun bersifat inner game, wajib diproyeksikan lewat aksi non-verbal Anda. Berdirilah dengan postur tubuh tegap, dada dan tangan terbuka lebar, wajah berseri, dan senyuman yang siap untuk menyapa siapa saja. Ketika ada yang menghampiri Anda, jadilah pihak yang pertama untuk menginisiasi sentuhan fisik, baik dalam bentuk jabatan tangan, tepukan ringan di bahu, atau rangkulan hangat di pundak mereka.
Jangan lupa juga untuk mendengarkan sepenuh hati setiap kalimat yang orang sampaikan pada Anda; ketika Anda benar-benar mendengarkan, Anda secara otomatis memproyeksikan sebuah cahaya yang sulit sekali dijabarkan dengan kata-kata. Seluruh perilaku memungkinkan Anda ‘menghipnotis‘ siapa saja jauh sebelum Anda membuka mulut dan mengeluarkan suara.

Visioner. Setiap orang karismatik yang saya kenal secara pribadi memiliki kebiasaan melihat hal-hal yang kasat mata, tersembunyi, atau bahkan terlalu jauh di belakang dan di depan. Kebiasaan itu muncul dari kesadaran akan tujuan dan panggilan hidupnya. Seseorang yang bisa melihat dirinya memiliki misi spesial dalam dunia ini pasti yakin dirinya diperlengkapi dengan kekuatan spesial juga, persis seperti kisah mitologi Yunani di atas. Keyakinan pribadi inilah yang menular pada orang-orang di sekitarnya sehingga mereka merasa tergelitik, tersedot, dan tertawan secara magis. Ini sebabnya dalam kelas pelatihan lanjutan Hitman System, saya melatih setiap peserta untuk menggali sistem passion-vision-mision mereka.
  • Jadi luangkan waktu sejenak sekarang untuk menelisik esensi hidup Anda. Gali apa saja yang menjadi alasan dan tujuan Anda diciptakan di dunia ini, serta bagaimana secara spesifik pribadi Anda sangat diperlukan oleh orang lain di sekeliling Anda. Selidiki apa yang akan membuat dunia ini tidak lengkap jika tidak ada Anda.
    Setelah Anda menemukan hal-hal tersebut di dalam diri Anda sendiri, lakukan lagi pada setiap pribadi orang yang hadir dalam hidup Anda, lalu pimpin mereka dengan menyampaikan apa yang Anda lihat tersebut. Ketika Anda terbiasa peduli pada diri Anda, Anda juga mudah peduli pada orang lain. Anda akan dianggap sangat berharga karena kebanyakan orang malas dan membutuhkan orang lain untuk mempedulikan diri mereka sendiri.
     
  • Menguasai Kontradiksi. Sekalipun ini bukan rahasia terakhir saya seputar karisma, ini adalah salah satu karakter yang paling sering orang komentari. Anda yang sudah sering membaca Hitman System (misalnya kutipan, “Cara terbaik untuk mendapatkan wanita adalah dengan tidak berusaha mendapatkannya!”), Romantic Renaissance, dan Unlocked pasti sering menemukan sensasi ajaib ini. Entri kemarin mencelikkan mata Anda tentang bagaimana menjadi bajingan yang tidak bajingan. Apalagi para alumnus kelas FAST HYPNOSIS yang pasti ingat mengapa saya adalah seorang hipnoterapis yang membenci hipnoterapi, dan bagaimana pelatihan satu hari itu melatih Anda cara menghipnotis yang tidak-menghipnotis namun sangat ampuh! :D Joseph Roach, profesor kajian teater di Yale, menjelaskan fenomena di atas dengan baik sekali dalam bukunya, It, sebuah buku yang memaparkan studi tentang karisma para tokoh terkenal, selebriti, dan dunia performing arts. Joseph menyatakan, “What people are responding to in charismatic people is the power of apparently effortless embodiment of contradictory qualities simultaneously: strength and vulnerability, innocence and experience, and singularity and typicality among them. Among the people who have best embodied these contradictory qualities at the same time are King Charles II, Johnny Depp, Michael Jackson, and Princess Diana.
    Penjelasan yang sama juga disampaikan oleh Charles de Gaulle, “There can be no power without mystery. There must always be a ‘something’ which others cannot altogether fathom, which puzzles them, stirs them, and rivets their attention. It is a mixture of the crowning virtue of the strong, the refuge of the weak, the modesty of the proud, the pride of the humble, the prudence of the wise, and the sense of fools.
    Jika Anda memiliki gaya atau pemikiran yang rasanya paradoks di dalam diri Anda sendiri, jangan pernah sembunyikan! Dorong diri Anda mengakui kekurangan dan kelebihan Anda, serta mengekspresikannya dengan bangga. Baca sebanyak mungkin buku-buku yang bahkan bertentangan dengan minat dan religi Anda sendiri. Temukan mengapa kekuatan Anda adalah kelemahan Anda dan sebaliknya. Biasakan menjawab dengan pertanyaan dan mengajukan pertanyaan dengan jawaban karena semakin Anda sulit dicerna, semakin orang rajin mencerna dan menyukai Anda. Serta jangan lupa untuk bersenang-senang menguasai kontradiksi yang sulit dikuasai ini.
     
Beberapa waktu yang lalu saya membaca buku Why Presidents Succeed yang ditulis oleh Dean Keith Simonton, profesor psikologi di University of California demikian, “I do think that charismatic techniques can be taught to a certain extent. If you tell people what they need to do to feel more confident, some may improve. Situations can also bring out a person’s hidden charisma.” Selaras dengan itu, Richard Wiseman -seorang profesor Public Understanding of Psychology- menyatakan kharisma merupakan 50% kemampuan alamiah dan 50% hasil latihan perilaku tertentu.
Itu artinya seseorang yang terlahir dengan kharisma alamiah pun masih perlu melakukan sejumlah tehnik karismatik jika ingin memaksimalkan pengaruhnya. Saya yakin ini adalah kabar baik untuk Anda yang merasa kekurangan sinar kharisma, bukan begitu?
Jika tulisan kali ini terasa berat, ah justru ini ringan sekali, sobat. Bahkan keterlaluan ringan dan praktis, sampai-sampai Anda tidak sadar kalau sudah melakukannya nanti.

Beberapa Kesalahan Berpakaian Pria

Berikut beberapa kesalahan berpakaian (fashion mistake) pria:
1. Pakaian kebesaran/ longgar dan tidak pas di badan
Baju Longgar
Baju yang longgar / kebesaran hanya cocok di pakai di rumah untuk bersantai. Janganlah Anda gunakan pada waktu berpergian ke tempat resmi, hangout, cafe dll. Kecuali jika memang Anda ingin sekali terlihat seperti orang-orangan sawah.
2. Memakai dasi dengan baju lengan pendek
Dasi dengan lengan pendek
Akan lebih baik jika Anda mengenakan dasi dengan baju lengan panjang. Dasi dengan baju lengan pendek terlihat seperti orang kelas bawah, atau rocker yang ingin konser.
3. Sepatu kotor
Sepatu Kotor
Tahukah anda, bahwa wanita sangat sensitif dengan kebersihan dan kerapihan? Mereka akan mengetahui Anda bersih atau tidak dengan cepat hanya dengan melihat sepatu Anda. Pastikan sepatu Anda bersih mengkilap sebelum keluar rumah.
4. Sepatu berkerut
Sepatu Berkerut
Usahakan memiliki beberapa pasang sepatu untuk menjalankan aktifitas Anda. Sepatu berkerut akibat sepatu Anda sering digunakan tanpa istirahat. Setidaknya jika Anda memiliki beberapa sepasang sepatu, sepatu akan awet dan tahan lama.
5. Celana kepanjangan

Celana Kepanjangan
Celana yang kepanjangan hingga menyentuh tanah dan menyeret-nyeret, ada baiknya untuk di potong. Atau jika tidak sempat lipatlah bagian yang kepanjangan tersebut.
6. Pemilihan warna kaus kaki yang salah
Warna kaos kaki tidak serasi
Samakan warna kaus kaki yang anda kenakan dengan warna celana Anda, bukan pada sepatu. Itu akan terlihat lebih baik dan serasi.
7. Pemilihan warna sabuk / belt / ikat pinggang
Pemilihan sabuk/Ikat pinggang
Samakan warna ikat pinggang yang Anda kenakan dengan warna sepatu. Jika ikat pinggang Anda mengkilap, pastikan sepatu anda juga mengkilap.
8. Baju berkancing, dengan semua kancing tertutup
Kancing Tertutup
Jelas jika Anda melakukan hal ini, anda akan terlihat seorang yang tertutup dari segi psikologis. Pastikan minimal ada kancing terbuka satu dari semua kancing yang ada. Kecuali jika Anda mengenakan dasi.
9. Kaos kaki yang tidak cukup panjang
Kaos kaki kurang panjang
Anda tidak ingin semua bulu kaki Anda terlihat bukan? Apalagi ketika Anda duduk dengan kaki menyilang. Pastikan panjang kaus kaki Anda setinggi betis. Jangan kurang dari itu.
10. Pakaian kusut
Baju Kusut
Bukan berarti Anda harus membawa setrika kemanapun Anda pergi. Usahakan ketika Anda membeli pakaian, pakaian tersebut tidak mudah kusut.
11. Memakai terlalu banyak warna
Terlalu banyak warna
Seperti yang sudah di jelaskan pada artikel tentang tips fashion pria, batasi masing-masing pakaian Anda dengan maksimal tiga warna atau nuansa yang terkoordinasi untuk menjaga pandangan
Sering berada dimanakah kesalahan berpakaian anda? Tidak ada salahnya jika mulai detik ini Anda mulai bergegas untuk memperbaiki cara berpakaian Anda.(Okinawa,2011)